Prawira Putra Brahmanda

Just another WordPress.com site

Kesehatan

Mencegah Karang Gigi

Cara Mencegah Karang Gigi

Setiap orang beda-beda dalam menghasilkan karang gigi di dalam mulutnya. Ada yang mudah terbentuk dan ada pula yang lama terbentuknya tergantung kondisi lingkungan dalam mulut, kandungan dalam air liur (ludah), makanan yang kita makan, kondisi gigi geligi, jenis kuman yang ada di mulut kita, dan lain-lain. Jika karang gigi tidak segera di bersihkan, maka tidak lain menyebabkan gigi berlubang atau sampai pencabutan gigi.Akan tetapi bagi anda yang sudah terkena karang gigi dan ingin menghilangkannya sebaiknya jangan dilakukan sendiri di rumah dengan menggunakan alat atau obat yang tidak jelas. Hal tersebut dapat mengakibatkan busi berdarah atau lain sebaginya. Untuk cara aman dan cepat, sebaiknya datnglah ke dokter terdekat. Sebab dokter akan mengambil cara yang aman untuk membersihkan karang gigi tersebut. Pada umumnya dokter akan menggunakan cara teknik scaling maupun cara lainnya.

Jika anda membersihkannya dengan cara yang salah, maka mungkin akan memperparah keadaan karang gigi tersebut. Yang tadinya baik-baik saja, mungkin akan terasa sakit bila anda menggunakan cara yang salah. Upayakan jangan menggunakan benda tajam saat membersihkan karang gigi tersebut. Sebab bukan karangnya yang hilang, malah email gigi anda akan terkikis dan dapat berakibat infeksi. Jika anda belum terkena karang gigi, sebaiknya utamakan untuk pencegahan.

Berikut adalah Tips Cara Mencegah Karang Gigi :

– Rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur
– Rajin minum air putih yang bersih sambil kumur-kumur
– Rajin membersihkan bekas sisa makanan yang ada di pojok dan sela-sela gigi dengan benang gigi
– Rajin kumur-kumur dengan cairan pembersih mulut/dental floss yang bisa mencegah plak karang gigi
– Rajin makan buah dan atau sayur karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita

 
 
 
 

Cegah Gingivitis (Radang Gusi) dengan Perawatan Sederhana

Gingivitis atau dalam Bahasa Indonesia disebut radang gusi, merupakan salah satu penyakit yang menyerang gusi merupakan bentuk dari penyakit periodontal yang menyebabkan peradangan dan infeksi yang merusak jaringan yang menyokong gigi, termasuk, gusi, ligament periodontal, dan dan rongga gigi (tulang alveolar).

Gingivitis terjadi karena banyaknya timbunan plak di antara gigi sehingga mengakibatkan iritasi dan peradangan pada gusi. Bakteri dan racun yang dihasilkan oleh plak tersebut mampu menyebabkan infeksi pada gusi, sehingga gusi menjadi bengkak dan rapuh.

Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, ternyata anatomi gigi yang tidak beraturan, penggunaan kawat gigi yang tidak terjaga kebersihannya, dan konsumsi obat-obatan jenis tertentu pun dapat menyebabkan Gingivitis. Gingivitis dapat menyerang pada tingkat yang bervariasi. Biasanya terjadi saat seseorang mulai mengalami masa pubertas karena perubahan hormon dan hal itu dapat terjadi sampai berulang kali tergantung bagaimana perawatan gigi dan gusinya.

Gejala Gingivitis yang dapat dilihat adalah gusi berdarah, gusi berwarna merah cerah, gusi yang lembek jika disentuh dan terasa sakit, rasa perih pada mulut, gusi yang membengkak, dan gusi tampak lebih mengkilat dari biasanya. Anda dapat mencegah Gingivitis dengan tindakan perawatan yang sederhana seperti menyikat gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur, flossing, menjaga kebersihan kawat gigi bila Anda memakainya, dan menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

 
 
By_Micky*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: