Prawira Putra Brahmanda

Just another WordPress.com site

RPP MAT & B.INDO SD

Posted by Prawira Nak Unmas pada 21 Januari 2011

Jika anda inginkan file RPP ini, silahkan Download di sini

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

SIKLUS I


Mata Pelajaran         :  Matematika

Kelas/Semester         :  I/I

Alokasi Waktu         : 2X30 Menit

Tema                        : Lingkungan

Hari Tanggal            : Kamis 04 Nopember 2010

 

A. Kompetensi Dasar :

Melakukan penjumlahan dan pengurangan dua angka

B. Hasil Belajar           :

Siswa dapat menjumlahkan dua angka tanpa menyimpan

C. Indikator                :

Penjumlahan bersusun tanpa menyimpan

D. Tujuan Perbaikan :

a)      Meningkatkan kemampuan siswa tentang penjumlahan bersusun tanpa menyimapan (menggunakan media benda – benda di sekitar siswa)

b)      Meningkatkan kreatifitas belajar siswa tentang penjumlahan bersusun tanpa menyimpan (menggunakan media benda – benda di sekitar siswa)

E. Langkah – Langkah Pembelajaran :

1.      Kegitan awal (5 menit)

a.       Mengabsen kehadiran siswa

b.      Menyampaikan tema pembelajaran

c.       Mengamati benda – benda disekitar sekolah

2.      Kegiatan inti (30 Menit)

a)      Mengajak siswa keluar ruangan untuk mengamati benda – benda disekitar sekolah seperti kebun bunga, apotek hidup dan, batu krikil.

b)      Membantuk kelompok siswa masing – masing kelompok beranggotakan 5 orang

c)      Melakukan tanya jawab tentang bilangan.

d)     Memberikan Contoh penjumlahan bersusun tanpa menyimpan dengan alat bantu benda – benda disekitar.

e)      Memberikan kesempatan kepada siswa yang belum dimengerti untuk bertanya tentang cara penjumlahan dua angka.

f)       Secara individu siswa melakukan penjumlahan dua angka tanpa menyimpan menggunakan media krikil.

g)      Siswa menyelesaikan soal – soal latihan tentang penjumlahan dua angka tanpa menyimpan.

3.      Kegiatan Akhir (25 Menit)

a.       Menyimpulkan materi yang sudah dibahas.

b.      Membagiakan lembar kerja siswa untuk mengetahui pemahaman siswa tentang penjumlahan bersusun dua angka tanpa menyimpan.

F. Saran Dan Sumber Bahan :

Melaksanakan penjumlahan dan pengurangan dua angka

1.      Kerikil, batang korek api, lidi.

2.      Kurikulum matematika kelas 1

3.      Analisa standard isi.

4.      Silabus dan rencana pembelajaran.

5.      Matematika SD kelas 1.

G. Penilaian

1.      Awal     :

2.      Proses   :

Mengamati kreatifitas siswa saat bertanya maupun menjawab pertanyaan, serta tingkat keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

3.      Akhir

Membagikan lembar kerja siswa (LKS), selanjutnya memeriksa hasil kerja siswa

SOAL/INSTRUMEN

Isilah titik – titik di bawah ini sehingga pernyataan berikut benar!

1.    20                                                               6.    60

10  + 10  +

……                                                                    ……

2.   22                                                               7.    72

11  + 12  +

……                                                                    …….

3.    21                                                              8.    59

14  + 20  +

……                                                                    …….

4.   30                                                               9.    37

11  + 22  +

….                                                                      …….

5.   40                                                               10.  55

15  + 22  +

…..                                                                     …….

Kunci Jawaban

1.      30

2.      33

3.      35

4.      40

5.      55

6.      70

7.      84

8.      79

9.      59

10.  75

Mengetahui                                                                             Kintamani, 04 Nopember 2010

Kepala SDN Abang Batu Dinding

I Made Suparta, S.Ag.                                                                        Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIP : 19630119 198208 1 001                                                           NIM : 818167087

LEMBAR OBSERVASI SIKLUS I

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester       : I/I

Hari / Tanggal          : Kamis 04 Nopember 2010

Fokus observasi       :

1.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami penjumlahan yang hasil pemjumlahanya dua angka (puluhan)

2.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan tugas yang di berikan guru

NO Aspek yang di observasi Kemunculan Komentar
Ada Tidak Ada
1 Guru menyampaikan sumber – sumber belajar
2 Guru melaksanakan administrasi kelas
3 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4 Menyampaikan pembelajaran sesuai RPP
5 Menyampaikan tema yang akan dipelajari d
6 Mengaitkan konsep-konsep mata pelajaran yang lain dalam membahas tema
7 Memberikan kesempatan kepada siswa untuk : 

●   Belajar berkelompok

●   Menggunakan berbagai sumber belajar

●   Mengajukan pertanyaan

●   Mengnggapi pertanyaan teman

 

 

 

 

 

 

8 Membimbing siswa membangun konsep selama pembelajaran
9 Menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
10 Menggunakan strategi yang sesuai dengan konsep mata pelajaran yang di ajarkan
11 Menjaga keadaan kelas agar tetap kondusif untuk kegiatan pembelajaran
12 Memberikan klarifikasi tentang konsep yang diajari
13 Melaksanakan penilaian proses maupun hasil
14 Menggunakan waktu secara afaktif
15 Siswa antusias dan tertarik mengikuti proses pembelajaran  

 

 

 

16 Siswa mau mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru
17 Siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru sesuai dengan waktu yang disediakan

Pengamat

Ni Nyoman Sirningsih, S.Pd.H

NIP : 19691231200701 2 165

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

SIKLUS II

Mata Pelajaran         :  Matematika

Kelas/Semester         :  I/I

Alokasi Waktu         : 2 X 30 Menit

Tema                        : Lingkungan

Hari Tanggal            : Senin 08 Nopember 2010

A. Kompetensi Dasar :

Melakukan penjumlahan dan pengurangan dua angka

B. Hasil Belajar           :

Siswa dapat menjumlahkan dua angka tanpa menyimpan

C. Indikator                :

Penjumlahan bersusun dengan menyimpan

D. Tujuan Perbaikan :

a)      Meningkatkan kemampuan siswa tentang penjumlahan bersusun dengan menyimapan (menggunakan media benda – benda di lingkungan sekitar siswa seperti : batang korek api, krikil, dan sejenisnya)

b)      Meningkatkan kreatifitas belajar siswa tentang penjumlahan bersusun dengan tehnik menyimpan (menggunakan media benda – benda di lingkungan sekitar siswa seperti : batang korek api, krikil, dan sejenisnya)

E. Langkah – Langkah Pembelajaran :

1.      Kegitan awal (5 menit)

d.      Mengabsen kehadiran siswa

e.       Menyampaikan tema pembelajaran

f.       Mengamati benda – benda disekitar sekolah

2.      Kegiatan inti (30 Menit)

a.       Mengajak siswa keluar ruangan untuk mengamati benda – benda disekitar sekolah seperti sampah – sampah yang berserakan, krikil dan, sebagainya kemudian dibawa kedalam kelas.

b.      Membantuk kelompok siswa masing – masing kelompok beranggotakan 5 orang

c.       Dengan demonstrasi guru dan siswa bertanya jawab tentang penjumlahan dua angka dengan tehnik menyimpan.

d.      Guru Memberikan Contoh penjumlahan bersusun dengan menyimpan dengan menggunakan media lidi, batang korek api, dan kerikil.

e.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang belun dikuasai.

f.       Secara individu siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan bersusun dengan tehnik menyimpan di papan tulis dengan bantuan media lidi, batang korek api, dan kerikil.

g.      Siswa menyelesaikan soal – soal latihan tentang penjumlahan dua angka dengan menyimpan.

3.      Kegiatan Akhir (25 Menit)

a.       Menyimpulkan materi yang sudah dibahas.

b.      Membagiakan lembar kerja siswa untuk mengetahui pemahaman siswa tentang penjumlahan dua angka dengan tehnik menyimpan.

F. Saran Dan Sumber Bahan :

1.      Kerikil, batang korek api, lidi.

2.      Kurikulum matematika kelas 1

3.      Analisa standard isi.

4.      Silabus dan rencana pembelajaran.

5.      Matematika SD kelas 1.

G. Penilaian

1.      Awal     :-

2.      Proses   :

Mengamati kemampuan dan kreatifitas siswa saat bertanya maupun menjawab pertanyaan, serta tingkat keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

3.      Akhir

Membagikan lembar kerja siswa (LKS), selanjutnya memeriksa hasil kerja siswa

SOAL/INSTRUMEN

Isilah titik – titik di bawah ini sehingga pernyataan berikut benar!

1.      17                                                               6.    15

26  + 29  +

……                                                                    ……

2.      35                                                               7.    37

15  + 35  +

……                                                                    …….

3.      28                                                               8.    39

12  + 25  +

……                                                                    …….

4.      15                                                               9.    72

19  + 18  +

….                                                                      …….

5.      27                                                               10.  27

15  + 53  +

…..                                                                     …….

Kunci Jawaban

1.      43

2.      50

3.      40

4.      34

5.      42

6.      44

7.      72

8.      60

9.      90

10.  80

Mengetahui                                                                             Kintamani,  08 Nopember 2010

Kepala SDN Abang Batu Dinding

I Made Suparta, S.Ag.                                                                        Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIP : 19630119 198208 1 001                                                           NIM : 818167087

LEMBAR OBSERVASI SIKLUS II

Mata Pelajaran         : Matematika

Kelas / Semester       : I/I

Hari / Tanggal          : Senin 08 Nopember 2010

Fokus observasi       :

1.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami penjumlahan yang hasil pemjumlahanya dua angka (puluhan)

2.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan tugas yang di berikan guru

NO Aspek yang di observasi Kemunculan Komentar
Ada Tidak Ada
1 Guru menyampaikan sumber – sumber belajar
2 Guru melaksanakan administrasi kelas
3 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4 Menyampaikan pembelajaran sesuai RPP
5 Menyampaikan tema yang akan di pelajari
6 Mengaitkan konsep-konsep mata pelajaran yang lain dalam membahas tema
7 Memberikan kesempatan kepada siswa untuk : 

  • Belajar berkelompok
  • Menggunakan berbagai sumber belajar
  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengnggapi pertanyaan teman
 

 

 

 

 

 

8 Membimbing siswa membangun konsep selama pembelajaran
9 Menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
10 Menggunakan strategi yang sesuai dengan konsep mata pelajaran yang di ajarkan
11 Menjaga keadaan kelas agar tetap kondusif untuk kegiatan pembelajaran
12 Memberikan klarifikasi tentang konsep yang diajari
13 Melaksanakan penilaian proses maupun hasil
14 Menggunakan waktu secara afaktif
15 Siswa antusias dan tertarik mengikuti proses pembelajaran  

 

 

 

16 Siswa mau mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru
17 Siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru sesuai dengan waktu yang disediakan

Pengamat

Ni Nyoman Sirningsih, S.Pd.H

NIP : 19691231200701 2 165

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

SIKLUS I

Mata Pelajaran         :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester         :  I/I

Alokasi Waktu         : 2 X 30 Menit

Tema                        : Lingkungan

Hari Tanggal            : Kamis 04 Nopember 2010

A. Kompetensi Dasar :

Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

B. Hasil Belajar           :

Siswa dapat menyalin kalimat kedalam tulis tegak bersambung

C. Indikator                :

Mampu menyalin kalimat kedalam tulisan tegak bersambung

D. Tujuan Perbaikan :

a)      Meningkatkan kemampuan siswa tentang menyalin kalimat kedalam tulisan tegak bersambung (menggunakan media huruf, kartu kata, dan kartu kalimat)

E. Langkah – Langkah Pembelajaran :

1.      Kegitan awal (5 menit)

a.       Mengabsen kehadiran siswa

b.      Menyampaikan tema pembelajaran

c.       Melakukan tanya jawab tentang lingkungan sekolah

2.      Kegiatan inti (30 Menit)

a.       Guru menyuruh siswa secara acak menuliskan dipapan tulis salah satu nama benda yang telah di amati di sekitar siswa.

b.      Secara acak siswa kedepan mengambil salah satu kartu kata atau kartu kalimat dan di perlihatkan ke pada teman – temanya kemudian ditulis dengan tulisan tegak bersambung di papan tulis

c.       Guru  memberikan contoh menyalin kalimat kedalam tulisan tegak bersambung.

d.      Siswa diberikan kesempatan untuk berlatih menulis tegak bersambung.

e.       Siswa menyalin tulisan tegak lepas ke dalam tulisan tegak bersambung.

3.       Kegiatan Akhir (25 Menit)

a.       Guru membagikan lembar kerja berupa kalimat tulisan tegak lepas kepada siswa untuk di salin ke dalam tulisan tegak bersambung

b.      Pekerjaan siswa di kumpulkan untuk penelitian.

F. Saran Dan Sumber Bahan :

1.      Kurikulum Bahasa Indonesia kelas 1.

2.      Analisa standard isi.

3.      Silabus dan rencana pembelajaran.

4.      Bahasa Indoensia kelas 1 SD

5.      Kartu huruf, kartu kata, dan kartu kalimat.

G. Penilaian

1.      Awal      :-

2.      Proses     :

Mengamati kemampuan siswa menyalin kalimat kedalam tulisan tegak bersambung

3.      Akhir

Membagikan lembar kerja siswa (LKS), memberi penilaian kemampuan siswa dalam menyalin menggunakan tulisan tegak bersambung

SOAL/INSTRUMEN

Salin kalimat dibawah ini menggunakan tulisan tegak bersambung !

1.      Nadia menyapu Halaman rumah

2.      Angga sedang memungut sampah

3.      Angga dan Edo siswa kelas satu

4.      Mereka Bersalam – salaman

5.      Jangan membuang sampah sembarangan

Kunci Jawaban

1.    Nadia menyapu Halaman rumah

2.    Angga sedang memungut sampah

3.    Angga dan Edo siswa kelas satu

4.    Mereka Bersalam – salaman

5.    Jangan membuang sampah sembarangan

Mengetahui                                                                             Kintamani,  04 Nopember 2010

Kepala SDN Abang Batu Dinding

I Made Suparta, S.Ag.                                                                        Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIP : 19630119 198208 1 001                                                           NIM : 818167087

LEMBAR OBSERVASI SIKLUS I

Mata Pelajaran         : Bahasa indonesia

Kelas / Semester       : I/I

Hari / Tanggal          : Kamis 04 Nopember 2010

Fokus observasi       :

1.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa menyalin kedalam tulisan tegak bersambung

2.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan tugas yang di berikan guru

NO Aspek yang di observasi Kemunculan Komentar
Ada Tidak Ada
1 Guru menyampaikan sumber – sumber belajar
2 Guru melaksanakan administrasi kelas
3 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4 Menyampaikan pembelajaran sesuai RPP
5 Menyampaikan tema yang akan di pelajari
6 Mengaitkan konsep-konsep mata pelajaran yang lain dalam membahas tema
7 Memberikan kesempatan kepada siswa untuk : 

  • Belajar berkelompok
  • Menggunakan berbagai sumber belajar
  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengnggapi pertanyaan teman
 

 

 

 

8 Membimbing siswa membangun konsep selama pembelajaran
9 Menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
10 Menggunakan strategi yang sesuai dengan konsep mata pelajaran yang di ajarkan
11 Menjaga keadaan kelas agar tetap kondusif untuk kegiatan pembelajaran
12 Memberikan klarifikasi tentang konsep yang diajari
13 Melaksanakan penilaian proses maupun hasil
14 Menggunakan waktu secara afaktif
15 Siswa antusias dan tertarik mengikuti proses pembelajaran  

 

 

 

16 Siswa mau mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru
17 Siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru sesuai dengan waktu yang disediakan

Pengamat

Ni Nyoman Sirningsih, S.Pd.H

NIP : 19691231200701 2 165

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

SIKLUS II

Mata Pelajaran         :  Bahasa Indonesia

Kelas/Semester         :  I/I

Alokasi Waktu         : 2 X 30 Menit

Tema                        : Lingkungan

Hari Tanggal            : Senin 08 Nopember 2010

A. Kompetensi Dasar :

Membaca kalimat sederhana yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung

B. Hasil Belajar           :

Siswa dapat menyalin kalimat kedalam tulis tegak bersambung

C. Indikator                :

Mampu menggunakan huruf kapital menulis nama seseorang dengan tulisan tegak bersambung.

D. Tujuan Perbaikan :

a.       Meningkatkan kemampuan siswa tentang menggunakan huruf kapital dalam menulis nama seseorang dengan tulisan tegak bersambung

E. Langkah – Langkah Pembelajaran :

1.      Kegitan awal (5 menit)

a.       Mengabsen kehadiran siswa

b.      Menyampaikan tema pembelajaran

c.       Melakukan tanya jawab tentang lingkungan sekolah

2.      Kegiatan inti (30 Menit)

a.       Guru menyuruh siswa secara individu menulis namanya sendiri dan salah satu nama temannya di papan tulis dengan tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awal nama.

b.      Guru memberi contoh menyalin tulisan tegak lepas kedalam tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang di papan tulis.

c.       Siswa di beri kesempatan untuk berlatih menyalin tegak lepas ke dalam tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang.

d.      Siswa menyalin tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awawl kalimat dan nama orang.

3.       Kegiatan Akhir (25 Menit)

a.       Guru membagikan lembar kerja beberapa kalimat tulisan tegak lepas kepada siswa untuk di salin ke dalam tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang

b.      Hasil Pekerjaan siswa di kumpulkan untuk di nilai.

F. Saran Dan Sumber Bahan :

1.      Kurikulum Bahasa Indonesia kelas 1.

2.      Analisis standard isi.

3.      Silabus dan rencana pembelajaran.

4.      Bahasa Indoensia kelas 1 SD

5.      Kartu huruf, kartu kata, dan kartu kalimat.

G. Penilaian

1.      Awal      :-

2.      Proses     :

Mengamati kemampuan siswa tentang penggunaan huruf kapital dalam menulis nama orang dengan tulisan tegak bersambung

3.      Akhir

Membagikan lembar kerja siswa (LKS), memberi penilaian kemampuan siswa dalam menyalin menggunakan tulisan tegak lepas kedalam tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang.

SOAL/INSTRUMEN

Salin tulisan tegak lepas dibawah ini kedalam tulisan tegak bersambung menggunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang!

1.      siwi bangun pagi

2.      ia menyiram bunga

3.      bunga made tumbuh subur

4.      siwi suka dengan bunga

5.      pencuri itu namanya togar

Kunci Jawaban

1.       Siwi bangun pagi

2.       Ia menyiram bunga

3.       Bunga Made tumbuh subur

4.       Siwi suka dengan bunga

5.       Pencuri itu namanya Togar

Mengetahui                                                                             Kintamani,  08 Nopember 2010

Kepala SDN Abang Batu Dinding

I Made Suparta, S.Ag.                                                                        Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIP : 19630119 198208 1 001                                                           NIM : 818167087

LEMBAR OBSERVASI SIKLUS I

Mata Pelajaran         : Bahasa indonesia

Kelas / Semester       : I/I

Hari / Tanggal          : Kamis 04 Nopember 2010

Fokus observasi       :

1.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa menyalin kalimat kedalam tulisan tegak bersambung

2.      Untuk meningkatkan kemampuan siswa mengerjakan tugas yang di berikan guru

NO Aspek yang di observasi Kemunculan Komentar
Ada Tidak Ada
1 Guru menyampaikan sumber – sumber belajar
2 Guru melaksanakan administrasi kelas
3 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
4 Menyampaikan pembelajaran sesuai RPP
5 Menyampaikan tema yang akan di pelajari
6 Mengaitkan konsep-konsep mata pelajaran yang lain dalam membahas tema
7 Memberikan kesempatan kepada siswa untuk : 

  • Belajar berkelompok
  • Menggunakan berbagai sumber belajar
  • Mengajukan pertanyaan
  • Mengnggapi pertanyaan teman
 

 

 

 

8 Membimbing siswa membangun konsep selama pembelajaran
9 Menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
10 Menggunakan strategi yang sesuai dengan konsep mata pelajaran yang di ajarkan
11 Menjaga keadaan kelas agar tetap kondusif untuk kegiatan pembelajaran
12 Memberikan klarifikasi tentang konsep yang diajari
13 Melaksanakan penilaian proses maupun hasil
14 Menggunakan waktu secara afaktif
15 Siswa antusias dan tertarik mengikuti proses pembelajaran  

 

 

 

16 Siswa mau mengerjakan tugas – tugas yang diberikan guru
17 Siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan guru sesuai dengan waktu yang disediakan

Pengamat

Ni Nyoman Sirningsih, S.Pd.H

NIP : 19691231200701 2 165

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama                   : Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIM                     : 818167087

UPBJJ-UT           : Denpasar

Menyatakan bahwa

Nama                   : Ni Nyoman Sarnigsih, S.Pd.H

Tempat                 : SDN Abang Batudinding

Guru Kelas          : I (Satu)

Adalah teman sejawat yang akan membantu dalam pelaksanaan pembelajaran, yang merupakan tugas matakuliah PDGK 4051 Pemantapan Kemampuann Profesional (PKP).

Demikian pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Kintamani, 19 Nopember 2010

Teman sejawat                                            Yang Membuat Pernyataan

Mahasiswa

Ni Nyoman Sarningsih, S.Pd.H                                Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIP : 19691231200701 2 165                                        NIM : 818167087

FORMAT KESEDIAAN SEBAGAI TEMAN SEJAWAT

DALAM PENYELENGGARAAN PKP

Kepada

Kepala UPBJJ Denpasar

Di Denpasar

Yang bertanda tangan dibawah ini menerangkan bahwa

Nama                          : Ni Nyoman Sarnigsih, S.Pd.H

NIP                             : 19691231200701 2 165

Tempat Mengajar       : SDN Abang Batudinding

Alamat Sekolah          : Desa Abang Batudinding

Telepon                       :085238832809

Menyatakan bersedia sebagai teman sejawat untuk dampingi dalam pelaksanaan PKP atas nama :

Nama                          : Ida Ayu Putu Tirta Sucita

NIM                            : 818167087

Tempat Mengajar        : SDN Abang Batudinding

Alamat Sekolah          : Desa Abang Batudinding

Telepon                       : 081353167251

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Kintamani, 19 Nopember 2010

Mengetahui                                                        Teman Sejawat

Kepala SDN Abang Batudinding

I Made Separta, S.Ag.                                   Ni Nyoman Sarningsih, S.Pd.H

NIP : 19630119 198208 1 001                              NIP : 19691231200701 2 165

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: